Kenali bentuk area intim wanita…


Tahukah Anda kalau bentuk hymen atau selaput dara pada tiap wanita berbeda-beda? Menurut buku “Menjaga Organ Intim” yang ditulis oleh dr. Maria Dwikarya, DSKK, bentuk selaput dara bervariasi sesuai dengan gambaran genetik yang didapat dari orang tua.

Selaput dara merupakan bingkai paling dalam yang terletak pada sepertiga luar vagina. Bingkai ini merupakan tirai melingkar yang menyisakan lubang untuk keluarnya darah menstruasi. Istilah darah perawan saat malam pertama, muncul karena robeknya hymen atau selaput dara ini ini.

Sebenarnya, tidak semua wanita mengalaminya. Hal itu karena bentuk selaput dara yang sangat elastis menyebabkan hymen pada beberpa wanita tidak akan robek pada malam pertama. Hymen bisa juga baru akan robek saat melahirkan bayi pertama melalui vagina atau melahirkan normal. Jadi, jangan selalu menganggap darah di malam pertama merupakan penanda
keperawanan yang mutlak.

Selain elastisitas, bentuk hymen juga berpengaruh. Variasi bentuk hymen terdiri dari lima, yaitu :

– Cincin : merupakan bentuk ideal, akan mengalami pendarahan pada malam pertama.

– Anemon : bentuknya elastis dan sering tidak mengalami pendarahan pada malam pertama. Bentuk ini baru akan robek bila melahirkan anak pertama secara normal.

– Rumput laut : bentuknya seperti rumput lau dan tak pernah robek.

– Tapisan : bentuk ini menyakitkan pemiliknya karena darah haid tidak bisa mengalir dengan lancar.
– Intaq : bentuknya tidak berlubang, akan menyakitkan pemiliknya karena menutup aliran darah haid. Hal ini harus segera diatasi dengan operasi untuk membuat lubang saluran keluar.

Lalu apakah kita dapat mengetahui bentuk hymen kita sendiri? Hal ini sangat terkait dengan bentuk kelamin dan kesediaan dokter untuk memberitahunya. Tidak semua dokter bersedia mengatakan yang sebenarnya dengan pertimbangan akan membuat pasien cemas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s