Siasat jitu hadapi Ramadhan untuk si dia…


RAMADAN sudah datang, pasti Moms and Dads menyambutnya dengan suka cita! Peluang untuk mewujudkan kebersamaan dan keharmonisan rumah tangga terbuka lebar. Bayangkan betapa asyiknya Anda dan pasangan dapat melakukan ibadah bersama-sama!

Spiritualitas terasah, pahala pun berlimpah. Kebersamaan yang terjalin pun bisa membuat Anda dan pasangan kian mesra. Perfect!

Manfaat Puasa

Puasa tak hanya identik dengan menahan makan dan minum, tetapi juga mengendalikan diri dari kemarahan, cemburu, iri hati, membuka pintu maaf yang lebih luas, mengekang segala hawa nafsu dan sebagainya.

Sebagai pasangan istri-suami, jadikanlah momen puasa sebagai “alat” untuk meningkatkan kebersamaan, kemesraan, dan sikap saling memaafkan kesalahan masing-masing.

Puasa juga merupakan proses bagi Anda dan pasangan untuk membersihkan tubuh dari segala racun-racun dan sisa pembuangan metabolisme tubuh, serta memberi waktu bagi tubuh kita untuk beristirahat.

Sahur

Walaupun hukumnya sunnah, namun makan sahur amat dianjurkan. Di satu sisi dapat dijadikan momen meraih keberkahan di siang hari pada saat menjalankan puasa. Secara fisik badan jadi sehat, segar, dan tidak lemas.

Di sisi lain, makan sahur juga bisa dijadikan sarana menumbuhkan kebersamaan yakni sahur dilakukan secara bersama, berkumpul dalam satu meja, diawali dengan doa bersama dan setelah selesai Anda dapat membereskan meja makan bersama.

Keberadaan sahur sebagai barakah sangatlah jelas, karena dengan makan sahur berarti mengikuti sunah, menguatkan kondisi fisik, menambah semangat sekaligus meringankan saat berpuasa.

Buka Puasa

Demikian juga ifthar (buka puasa) bersama keluarga. Ajaklah pasangan untuk menyiapkan hidangan berbuka, bahkan dapat terlebih dahulu berbelanja dan memasak bersama.

Sebelum mulai berbuka jangan lupa berdoa dulu ya! Supaya lebih afdol, hendaknya doa dipimpin oleh suami.

Alternarif kegiatan lainnya sebelum waktu berbuka tiba, dapat diadakan semacam kultum (kuliah tujuh menit) dengan tema-tema ringan yang bermanfaat untuk kehidupan berkeluarga.

Tarawih

Jika ada kesempatan dan memungkinkan, berangkatlah bersama ke Masjid untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Mendengarkan ceramah tarawih juga merupakan sarana yang lain untuk menambah wawasan mengenai keagamaan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sesekali shalat tarawih bisa dilakukan di rumah dan suami sebagai imamnya.

Tadarus

Luangkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga dalam rangka menunaikan tadarus (membaca Al-Quran) setelah salat wajib berjamaah.

Yang penting bukan mengejar khatam (tamat) dalam membaca Al-Quran, namun menumbuhkan kebersamaan dalam suasana religius juga membuat suasana hati Anda dan pasangan lebih tenang dan damai.

Beramal dan Bersyukur

Beramal bukan untuk kebutuhan orang lain semata. Jeff Levin, penulis “God, Faith, and Health” menyatakan bahwa rasa iba dan kasih menstimulasi pembentukan hormon yang meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan kita.

Beramal dan mengucap syukur adalah sebuah ‘pernapasan rohani’ yang jika tidak dilakukan maka mengakibatkan ‘kematian’ secara spiritual. Artinya, kita semakin tidak dapat mencapai tahapan aktualisasi diri atau pemenuhan diri yang sempurna.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda dan pasangan dapat berkunjung ke panti asuhan atau panti jompo untuk memberi bantuan atau sekadar berbagi kebahagiaan bersama.

Itikaf

Pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan, Anda dan keluarga secara bersama-sama dapat melakukan itikaf (berdiam diri merenung di dalam Masjid).

Bagi para istri, cukup melakukannya di dalam rumah dengan bimbingan dan arahan sang suami, atau dapat bertanya kepada seorang ustadz yang mampu memberikan fatwa-fatwanya terkait dengan itikaf bagi para wanita muslimah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s